Karangan Ilmiah, Semi Ilmiah, Non Ilmiah dan Metode Ilmiah

Karangan Ilmiah

               Karangan Ilmiah (Karya Ilmiah) adalah Suatu karangan yang berdasarkan penelitian yang ditulis secara sistematis, berdasarkan fakta di lapangan, dan dengan menggunakan pendekatan metode ilmiah. Menurut sumber yang berbeda Karya Ilmiah adalah seorang ilmuan yang ingin mengembangkan karya ilmu pengetahuannya. Dalam bidang Teknologi, seni, penelitian, pengalaman yang diperoleh dari pengetahuan orang lain. Definisi menyatakan karya tulis ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan penelitian ilmiah yang ditulis secara sistematis menggunakan prinsip ilmiah. Seorang peneliti bertujuan untuk menyampaiakan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada pembaca. Kesimpulannya adalah bahwa karya ilmiah merupakan karya dari seseorang penulis yang ingin memaparkan pengetahuannya melalui sebuah tulisan berupa buku atau hal yang lain, yang didapat dari penelitian dan ditulis secara sistematis.




 Beberapa Sumber tentang Karya Ilmiah
Ada beberapa pengertian dari karangan ilmiah, yakni :
  • Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karya ilmiah dapat juga berarti tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya (Susilo, M. Eko, 1995:11).
  • Karya ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca.
  • Karya ilmiah adalah tulisan yang berisi argumentasi penalaran keilmuan yang dikomunikasikan lewat bahasa tulis yang formal dengan sistematis-metodis dan menyajikan fakta umum serta ditulis menurut metodologi penulisan yang benar. Karya ilmiah ditulis dengan bahasa yang konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya teknis dan dan didukung fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya
  • Karya tulis ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu permasalahan. Pembahasan itu dilakukan berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data yang diperoleh melalui suatu penelitian. Karya tulis ilmiah melalui penelitian ini menggunakan metode ilmiah yang sistematis untuk memperoleh jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang diteliti. Untuk memperjelas jawaban ilmiah berdasarkan penelitian, penulisan karya tulis ilmiah hanya dapat dilakukan sesudah timbul suatu masalah, yang kemudian dibahas melalui penelitian dan kesimpulan dari penelitian tersebut

Ciri-Ciri Karangan Ilmiah
  • Struktur Sajian (pendahuluan,  pokok bahasan, dan bagian penutup)
  • Komponen dan substansi
  • Sikap Penulis
  • Penggunaan Bahasa
Hal-hal yang harus ada dalam karya ilmiah antara lain:
  • Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran.
  • Keindahan karya tulis ilmiah terletak pada bangun pikir dengan unsur-unsur yang menyangganya.
  • Alur pikir dituangkan dalam sistematika dan notasi.
  • Karya tulis ilmiah terdiri dari unsur-unsur: kata, angka, tabel, dan gambar, yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur.
  • Karya tulis ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang terkandung dalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan.
  • Karya tulis ilmiah terdiri dari serangkaian narasi (penceritaan), eksposisi (paparan), deskripsi (lukisan) dan argumentasi (alasan).
Macam Karangan Ilmiah 

           Pada prinsipnya semua karya ilmiah yaitu hasil dari suatu kegiatan ilmiah. Dalam hal ini yang membedakan hanyalah materi, susunan , tujuan serta panjang pendeknya karya tulis ilmiah tersebut,. Secara garis besar, karya ilmiah di klasifikasikan menjadi dua, yaitu karya ilmiah pendidikan dan karya ilmiah penelitian.
  • Karya Ilmiah Pendidikan
    Karya ilmiah pendidikan digunakan tugas untuk meresume pelajaran, serta sebagai persyaratan mencapai suatu gelar pendidikan. Karya ilmiah pendidikan terdiri dari:
    1. Paper (Karya Tulis) 
    2. Pra Skripsi 
    3. Skripsi  
    4. Thesis 
    5. Disertasi
  •  Karya ilmiah Penelitian.
    1. Makalah seminar
    2.  Naskah Seminar 
    3. Naskah Bersambung
  • Laporan hasil penelitian
  • Jurnal penelitian


Semi Ilmiah

          Semi Ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan penulisannya baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret gaya bahasa formal, kata-katanya tekhnis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dbuktikan benar atau tidaknya. Biasanya, menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya tidak semiformal tetapi tidka semuanya mengikuti metode ilmiah. Maksud dari karangan semi ilmiah seperti: komik, dongeng, novel, dan cerpen. Karakternya berbeda diantara ilmiah.
 

Macam-macam Karangan Semi Ilmiah
Sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannyapun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.
Contoh :
  1.  Artikel
  2. Editorial
  3. Feature



Karangan Non-Ilmiah

Karya non-ilmiah sangat bervariasi topic dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum, ditulis berdasarkan fakta pribadi, umumnya bersifat subyektif, gaya bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan popular.
Ciri-ciri karangan Non-Ilmiah, antara lain :
  1. Deskriptif: Pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif. 
  2. Kritik tanpa dukungan bukti. 
  3. Fakta yang disimpulkan subyektif. 
  4. Gaya bahasa konotatif dan populer.
  5.  Tidak memuat hipotesis. 
  6. Penyajian dibarengi dengan sejarah. 
  7. Bersifat imajinatif. 
  8. Situasi didramatisi
Macam-macam yang termasuk karya Non-ilmiah, antara lain :
  • Dongeng
  • Cerpen
  • Novel
  • Drama


Metode Ilmiah


            Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Metode ilmiah berdasatkan dari dua suku kata yaitu metode dan ilmiah. Seandainya kita artikan satu-persatu makna dari kata-kata tersebut yakni :

  • Metode
Metode dapat diartikan sebagai sebuah cara yaitu cara yang teratur dan sistematis untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu.
  • Ilmiah
Ilmiah : bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Diatur oleh atau sesuai dengan prinsip-prinsip ilmu pasti: prosedur ilmiah. Sistematis atau akurat dalam cara ilmu pasti.

Secara keseluruhan metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.


Tujuan Mempelajari Metode Penulisan ilmiah

         
Tujuan adalah salah satu bentuk harapan untuk dimasa yang akan datang. Untuk karena itu dalam penulisan ilmiah kita tidak bias asal tulis atau tidak mengindahkan kaidah-kaidah dala penulisan ilmiah.

Sikap Ilmiah

           Rumusan di atas diartikan bahwa sikap mengandung tiga komponen yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen tingkah laku. Secara umum dapat disimpulkan bahwa sikap adalah suatu kesiapan yang senantiasa cenderung untuk berprilaku atau bereaksi dengan cara tertentu bilamana diperhadapkan dengan suatu masalah atau obyek.


Sumber :
https://pungkiindriyonoblog.wordpress.com/2015/05/06/karya-ilmiah-semi-ilmiah-dan-non-ilmiah/


Nama : Muhammad Saipudin
NPM : 26113141
Kelas : 3KB02


0 Response to "Karangan Ilmiah, Semi Ilmiah, Non Ilmiah dan Metode Ilmiah"

Posting Komentar