Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Masyarakat (tugas Softskill)


Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Masyarakat

Tanggung jawab sosial dalam perusahaan merupakan suatu  konsep bahwa suatu perusahaan atau bentuk organisasi memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, lingkungan dan masyarakat dalam segala aspek operasional perusahaan. Dan setiap perusahaan harus memiliki tanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang dijalankannya. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab social terhadap masyarakat.


Tanggung jawab perusahaan ada 3 yaitu:
  1.  Basic Resposibilitymerupakan tanggung jawab yang pertama dari suatu perusahaan. Tanggung jawab ini muncul karena keberadaan perusahaan tersebut. Contohnya, perusahaan mempunyai kewajiban membayar pajak, mematuhi hukum, mematuhi standar pekerjaan.
  2. Organizational Responsibility, menunjukan tanggung jawab perusahaan untuk memenuhi perubahan kebutuhan “stakeholder” seperti pekerja, konsumen, pemegang saham dan masyarakat sekitar.
  3. Sosial Responsibility, menjelaskan tahapan ketika interaksi antara bisnis dan kekuatan lain dalam masyarakat yang demikian kuat sehingga perusahaan dapat tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan, terlibat dengan apa yang terjadi dalam lingkungannya secara keseluruhan.

 Untuk itulah maka pertanggungjawaban sosial perusahaan perlu diungkapkan dalam perusahaan sebagai wujud pelaporan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

0 Response to "Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Masyarakat (tugas Softskill)"

Posting Komentar