Masalah Sosial yang ada pada Masyarakat

     Masyarakat adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi antara individu-individu yang berada dalam kelompok. Biasanya sekelompok masyarakat itu sering disebut penduduk, berarti masyarakat akan terbentuk bila ada penduduknya.
     Biasanya Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Biasanya suasana seperti itu akan menyebabkan bentrok, jika terdapat perbedaan antar masyarakat.


Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 jenis faktor, antara lain :
  1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran.
  2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja.
  3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan.
  4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat.
 Contoh Masalah Sosial yang ada di Masyarakat 
masalah sosial muncul karena nilai-nilai suatu masyarakat yang berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama. biasanya ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Berikut ini sedikit Contoh Masalah sosial yang ada di masyarakat.
  1. Kemiskinan
          Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidak mampuan untuk memenuhi kebutuhan  sehari-hari.

2. Kejahatan
     Kejahatan yang timbul rata-rata terjadi karena faktor pengangguran yang tinggi sehingga meninbulkan kekurangan kebutuhan atau ekonomi yang kurang.

3. Pengangguran
       Pengangguran biasanya timbul karena banyak dari kota-kota kecil pergi ke kota yang besar sehingga di kota besar itu bnyak yang tidak diterima kerja.

 4. Pendidikan
       Pendidikan bisanya timbul karena faktor ekonomi, karena biaya untuk sekolah mahal makanya bagi orang yang ekonominya kurang dan yang mempunyai anak yang banyak, anaknya tidak sekolah, dan orangtuanya lebih mementingkan untuk kehidupan sehari-hari mereka.


0 Response to "Masalah Sosial yang ada pada Masyarakat"

Posting Komentar